Selasa, 19 Juni 2012

Kapal Rudal Cepat Trimaran Canggih Buatan Dalam Negeri


     Jajaran armada kapal perang TNI AL akan bertambah dengan akan hadirnya kapal cepat rudal X3K Trimaran produksi PT.Lundin Industry Invest ,Banyuwangi Jawa Timur, kapal ini berbahan dasar serat karbon. TNI AL memesan 4 buah kapal cepat rudal ini yang akan diserahkan salah satunya 5 bulan kedepan sedangkan sisanya akan diserahkan bertahap hingga tahun 2014. Kapal yang senilai 114 miliar rupiah perunitnya ini mampu melaju dengan kecepatan 30 knot dan mampu menembakan peluru kendali dengan jarak tembak hingga 120 kilometer.




      Kapal ini nantinya diawaki 31 orang dan mampu membawa 1 tim pasukan khusus. Amerika Serikat sendiri pernah membuat kapal cepat rudal juga namun menggunakan bahan alumunium dan baja,sedangkan X3K ini menggunakan bahan serat karbon komposit yang digunakan seperti halnya pesawat Airbus Boeing 777 dan mobil balap Formula 1.




     Dengan menggunakan bahan serat karbon yang ketahanannya 20 x lebih kuat dari baja,kapal ini memiliki panjang"water line" 50,77 meter dan panjang"water draft"1,17 meter dengan bobot mati 53,1 GT,kecepatan maksimum 30 knot dan kecepatan jelajah 16 knot,kapal ini mengusung mesin utama 4x marine engines MAN nominal 1.800 PK.
   
     Maju terus industri militer Indonesia,Jales veva Jaya mahe !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar